FAQ

Apa itu WATERCARE?
PT Lautan Solusi Airindo (WATERCARE) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan air yang berfokus pada penjualan retail dengan sistem online untuk skala residential dengan beberapa produk seperti alat pengolahan air bersih, air minum, air limbah beserta media dan bahan-bahan kimia pendukungnya. PT Lautan Solusi Airindo (WATERCARE) adalah anak perusahaan dari PT Lautan Luas Tbk dimana PT Lautan Luas Tbk sudah berpengalaman dalam hal pengolahan air sejak tahun 1985. Hampir semua industri di Indonesia memerlukan proses pengolahan air seperti pengolahan air baku, limbah pabrik, air proses, minyak, gas, pertambangan, peleburan, pengolahan gula, dan lain sebagainya, PT Lautan Luas Tbk juga memiliki tim pengolahan air yang sangat berpengalaman yang didukung oleh fasilitas laboratorium yang luas yang berlokasi di wilayah metropolitan terbesar di Indonesia yang telah melayani sekitar 1000 pengguna akhir industri di seluruh negara dan kawasan Asia-Pasifik.
Produk apa saja yang di jual di WATERCARE?
1. Produk pengolahan air bersih sampai dengan air minum beserta media pendukungnya.
2. Bahan bahan kimia untuk pengolahan air bersih, air minum, air limbah serta bahan kimia untuk cairan pembersih komersil
Apakah sistem pengolahan air yang sekarang ada apakah sudah cukup baik?
Sebagian besar sistem pengolahan air yang ada sekarang menggunakan klorin, dimana klorin merupakan bahan kimia yang dirancang untuk membunuh mikroorganisme, akan tetapi klorin mempunyai efek seperti rambut dan kulit menjadi kering, rasa dan bau tidak enak. WATERCARE menyediakan sistem penyaringan untuk menyediakan air bersih dan minum tanpa rasa dan bau yang tidak menyenangkan.
Pada saat saya pindah rumah apakah sitem pengelolahan air WATERCARE dapat dibawa?
Sistem pengelolahan air WATERCARE dirancang agar mudah dipindahkan pada saat Anda pindah rumah. Sistem pemasangan dan pelepasan unit sistem sangat sederhana dan apabila kesulitan juga kami mempunyai teknisi yang siap membantu Anda.
Benefit apa yang saya dapatkan apabila menggunakan sistem pengolahan air WATERCARE?
1. Anda akan mendapkan produk yang sangat berkualitas (standard internasional).
2. Anda akan mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan seperti pemeriksaan kualitas air baku (input) dan kualitas air produksi (output) di laboratorium yang sudah tersertifikasi.
3. Produk dan part yang mudah di dapat karna kami akan ada di cabang seluruh Indonesia.
4. Produk dengan kualitas premium akan tetapi harga masih terjangkau karna kami importir pertama.
5. Kemudahan Teknisi dan pelayanan laboratorium, karena kami mempunyai cabang, agen utilitas laboratorium hampir di seluruh kota besar di Indonesia.
6. Anda akan mendapatkan service dan pelayanan berkala
Bagaimana jika saya ingin melakukan pembelian produk dari WATERCARE?
Anda dapat mengunjungi website kami, lalu masukan barang yang Anda butuhkan ke Add to Chart. Setelah itu Anda akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran. Setelah melakukan pembayaran team Customer Care kami akan mengecek terlebih dahulu sebelum diproses. Anda dapat menghubungi team Customer Care untuk berrtanya sedetail yang Anda ingin tau tentang WATERCARE, kami akan menjawab secara detail, atau hubungi langsung di nomer telepon 081299899323/081299899373.
Dapatkah saya membatalkan pesanan saya?
Untuk membatalkan pesanan yang belum dikirim, segera hubungi bagianCustomer Care kami. Setelah barang atau pesanan dikirimkan, barang tidak dapat dibatalkan.
Bagaimana prosedur jika saya ingin melakukan analisa air di WATERCARE?
Sebelum anda melakukan analisis air di watercare anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu di website kami dan lakukan pembayaran. Jika sudah melakukan pembayaran, anda bisa mengirimkan sampel air anda ke toko kami. Apabila lokasi anda dekat dengan toko kami, anda bisa langsung datang ke toko kami yang berada di gandaria atau bisa juga untuk mengirimkannya melalui gosend, grabsend atau pihak lainnya seperti jne, j&t, dll.
Bagaimana jika ingin menjadi reseller?
Silahkan menghubungi team Customer Care kami via telepon pada nomor 081299899323/081299899373 untuk mendapatkan pengarahan dan prosedur untuk menjadi reseller.
Bagaimana cara mengajukan klaim garansi barang?
Anda dapat menghubungi pusat garansi (service center) secara langsung atau pihak penyedia produk yang tertera pada kartu garansi. Anda juga dapat menghubungi teamCustomer Care kami melalui telepon pada nomor 081299899323/081299899373 jika membutuhkan bantuan terkait proses klaim garansi.
Bagaimana jika saya lupa password akun untuk registrasi?
Kunjungi website kami, pilih sign in kemudian klik forgot your password lalu masukkan email anda sehingga anda akan mendapat pemberitahuan ke email untuk mereset password atau jika anda mengalami kesulitan untuk mereset password anda dapat menghubungi teamCustomer Care kami via telepon pada nomor 081299899323/081299899373.
Bagaimana cara memilih media filter air?
Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mencapai hasil filtrasi yang baik :
1. Laju aliran maksimum yang diperlukan.
2. Sifat padatan tersuspensi atau kekeruhan.
3. Hasil analisis air umpan.
4. Kualitas air yang diolah.
5. Ketersediaan pasokan air yang memadai untuk proses backwashing.
Kontaminan apa yang dapat dihilangkan pada proses pengolahan air dengan sistem RO?
Reverse osmosis dapat secara signifikan mengurangi beberapa kotoran paling berbahaya. Sistem reverse osmosis dapat menghilangkan kontaminan hingga 99,99 %, karena besarnya pori membran RO mencapai 0,0001 mikron (ukuran bakteri 0,2 sampai 1 mikron, dan virus antara 0,02 sampai 0,4 mikron). Beberapa kontaminan yang dapat dihilangkan dengan sistem reverse osmosis adalah timbal, klorin, kromium, endapan, dll.
Kapan media filter perlu diganti?
Dengan adanya pengujian air secara berkala, kita dapat mengetahui bagaimana kondisi air tersebut apakah sudah perlu untuk dilakukan penggantian atau belum.
Bagaimana cara kerja multimedia filter?
Pada multimedia filter terdapat beberapa lapisan tingkat, dimana lapisan yang memiliki specific gravity terbesar di bagian bawah hingga lapisan yang memiliki specific gravity terkecil dibagian atas. Air akan melewati tingkatan pada media filter tersebut sehingga dapat menghilangkan partikel hingga 20 mikron.
Kapan kita perlu melakukan backwash?
Backwash harus dilakukan ketika kondisi air sudah mulai menurun. Hal ini tergantung dari kualitas air dan jumlah orang di suatu rumah.
Mengapa backwash penting untuk dilakukan?
Alasan utama suatu media filter perlu dilakukan backwash karena adanya kontaminan yang menumpuk sedemikian rupa pada alat filter yang dapat menyebabkan penyumbatan pada aliran air atau menurunkan kualitas air sehingga perlu dicuci ulang atau backwash.
Apa kelebihan pengolahan air menggunakan FRP?
1. Tahan dari bahan kimia.
2. Mudah dirawat dan mudah dalam penginstalan.
3. Tidak berkarat.
4. Telah di uji 100000 kali tanpa adanya kebocoran.
5. Sesuai digunakan untuk RO air laut.
6. Sangat tahan korosi dalam berbagai aplikasi dibandingkan logam baja karbon berlapis epoxy.
7. Lebih murah bila dibandingkan dengan baja berlapis epoxy dan stainless steel.
8. Ringan sehingga mudah digunakan.
9. Lebih tahan slip dibandingkan logam.
10. Bersifat non konduktif.
11. Bahan isolasi baik.
Apa kelebihan pengolahan air yang menggunakan tambahan uv lamp?
Dalam proses disinfeksi menggunakan sinar UV, air akan dimurnikan saat air melewati suatu ruangan yang berisi lampu penghasil UV. Saat air mengalir melewati lampu, mikroba di dalam air akan terkena pancaran sinar UV yang dapat membunuh berbagai mikroorganisme, bakteri, dan virus sehingga air menjadi layak untuk dikonsumsi.
Bukankah sumber air kita sudah melewati pengolahan air terlebih dahulu sebelum dialirkan ke rumah-rumah?
Instalasi pengolahan air tidak selalu efektif menghilangkan zat berbahaya dari persediaan air Anda. Untuk memastikan perlindungan Anda, keluarga, dan anak-anak Anda, disarankan menggunakan Sistem Reverse Osmosis untuk mengurangi lebih banyak kontaminan dalam air minum atau anda dapat menggunakan filter air untuk menyaring air yang masuk ke rumah Anda sehingga selain mendapatkan air yang aman anda juga dapat meningkatkan umur peralatan Anda.
Apa yang harus saya pertimbangkan ketika saya ingin memasang filter air di rumah?
Filter yang anda butuhkan tergantung dari kondisi air anda. Seberapa banyak kontaminan dalam air anda dan tingkat endapan dalam air anda.
Apa itu POE (Point of Entry)?
Sistem filtrasi yang dipasang pada jalur utama air (tempat titik masuk pertama air diterima) sebelum didistribusikan ke titik outlet apapun seperti mesin cuci, toilet, wastafel dan kamar mandi. Sistem filtrasi ini berfungsi untuk menghilangkan bau, rasa klorin dan kontaminan lainnya sehingga akan menghasilkan air yang layak untuk penggunaan sehari-hari. Sistem filtrasi ini tahan lama, mudah dirawat, dan dapat digunakan untuk memproses air dengan volume yang besar. Jika anda ingin menggunakan filter air yang lebih besar, anda hanya perlu mengganti filter air ini setiap 5 -7 tahun. Sistem Point of Entry berperan untuk memastikan pengolahan air sebelum melalui pipa air Anda sehingga dapat mencegah penyumbatan selama pendistribusian ke titik keluar.
Apa itu POU (Point of Usage)?
Sistem filtrasi ini biasanya dipasang di meja dapur atau kamar mandi, sistem POU digunakan untuk menghasilkan air yang layak konsumsi atau air minum. POU memiliki kapasitas yang lebih kecil, dibandingkan dengan POE. Sistem ini terutama digunakan untuk produksi air minum, memasak dan mandi. Sistem POU memerlukan pemeliharaan rutin dengan filter harus diganti setiap 3 - 6 bulan atau hing ga satu tahun, tergantung pada kondisi air dan ukuran unit yang dipilih. Ada berbagai jenis sistem POU, seperti filtrasi karbon dan reverse osmosis (RO), yang dapat menghilangkan hingga 99% penyebab kontaminan air. Hasil dari proses ini adalah air minum berkualitas tinggi.
Apakah saya bisa menukar produk retur dengan produk sejenis?
Ya, anda dapat menukar dengan produk sejenis selama stok produk tersedia dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Apakah saya bisa melakukan refund dana?
Refund dana dapat dilakukan apabila stok persediaan produk yang akan ditukarkan habis (stok kosong).
Bagaimana ketentuan jaminan jangka waktu untuk produk WATERCARE?
Produk yang dijual di WATERCARE berada dalam jaminan xx hari
1. Pengembalian Dana : Xx sd xx hari setelah produk diterima.
2. Penukaran Produk : Xx sd xx hari setelah produk diterima.
3. Perbaikan : Xxhari setelah produk diterima s/d habis masa garansi.
*Syarat dan ketentuan berlaku
Apakah ada ketentuan kondisi produk yang bisa ditukar?
1. Produk rusak atau cacat.
2. Kelengkapan atau aksesoris produk tidak lengkap.
3. Produk tidak berfungsi dengan baik.
4. Produk yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan.
5. Gambar atau warna produk tidak sesuai dengan website.
6. Jumlah produk tidak sesuai dengan yang dipesan
Apakah saya dapat menukar produk langsung ke kantor WATERCARE?
Anda dapat membawa produk yang ingin anda tukarkan ke kantor WATERCARE. Tim kami akan melakukan pemeriksaan atau pengecekan kualitas produk yang ingin ditukarkan dan memberikan solusi berdasarkan hasil pengecekan tersebut.
Bagaimana jika produk pengganti yang saya inginkan tidak tersedia?
Jika produk pengganti tidak tersedia, kami akan melakukan pengembalian dana sesuai dengan jumlah dan metode pembayaran yang Anda gunakan. Anda akan mendapatkan notifikasi email saat pengembalian dana telah diproses.
Apa saja produk yang tidak dapat ditukar?
Produk yang tidak dapat ditukar yaitu produk yang dijual dari reseller dan bahan-bahan kimia.
CATATAN:
Penghitungan dimulai sejak tanggal Anda menerima barang sampai tanggal Anda mengajukan penukaran barang baik melalui webiste WATERCARE atau barang sampai ke alamat kami.
Syarat dan ketentuan umum penukaran produk:
1. Produk yang ditukarkan merupakan produk WATERCARE.
2. Produk baru dan tersegel yang dilengkapi dengan kartu garansi, buku petunjuk, dan label/tagging produk, beserta packaging aslinya.
3. Produk masih dalam masa garansi.
4. Sertakan bukti pembelian/struk pembelian.
5. Produk yang akan ditukar harus dalam keadaan utuh seperti pertama kali diterima dengan menyertakan kembali invoice pembelian dan dus kemasan.
6. Alasan dan syarat pengembalian harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
7. Alasan pengembalian produk dengan kendala dan kerusakan produk yang disebabkan oleh pengiriman hanya dapat diajukan dalam waktu xx jam setelah barang diterima, lebih dari itu WATERCARE tidak akan memproses pengajuan penukaran.
8. Produk terkena cacat produksi atau akibat proses pegiriman, bukan karena kelalaian dan kesalahan penggunaan seperti jatuh, pecah/retak akibat tekanan, tergores, berkarat, terkena noda, berjamur, kesalahan instalasi, pembongkaran, bencana alam, tersambar petir, perubahan tegangan listrik, salah penyimpanan.
9. Produk yang telah diterima belum pernah digunakan
Pengecualian:
Bahan kimia apapun yang dibeli tidak dapat ditukar dan dikembalikan dengan alasan apapun
Bagaimana kebijakan pengembalian produk retur dan refund dana WATERCARE?
1. Untuk pesanan produk yang sudah diterima oleh pembeli, pembeli dapat mengajukan permohonan pengembalian barang (retur) dan pengembalian uang (refund) apabila produk yang diterima dalam kondisi rusak sehingga tidak dapat dipakai (malfungsi) , spesifikasi tidak sesuai dengan deskripsi di website WATERCARE atau salah produk, produk cacat, produk palsu.
2. Untuk pesanan yang sudah diterima oleh pembeli, produk kurang dari jumlah yang dipesan, pembeli dapat mengajukan permohonan pengembalian uang untuk produk yang kurang.
3. Menyertakan tanda terima pembayaran/struk bukti pembayaran.
4. Permohonan retur dan/atau refund selain dengan alasan yang bukan disebabkan dari pihak kami, tidak akan diproses.
5. Permohonan retur dan/refund dapat diajukan ke pihak Customer Care WATERCARE paling lambat 3x24 jam sejak pesanan produk diterima oleh pembeli dengan menyampaikan pengaduan ke Customer Care WATERCARE melalui nomor telepon 081299899350 atau email cs@watercare.co.id lengkap dengan foto kondisi pesanan produk yang diterima.
6. Pembeli wajib mengirimkan produk yang ingin di retur paling lambat 2x24 jam hari kerja setelah memperoleh persetujuan dari Customer Care WATERCARE ke alamat toko dengan kondisi lengkap seperti saat barang diterima pembeli.
7. Untuk pengembalian barang yang dilakukan dengan datang langsung ke toko kami, dan sesuai dengan persyaratan dan ketetentuan maka dana akan kami kembalikan setelah barang kami terima. Namun bagi Anda yang menginginkan pengembalian dana melalui bank, harap informasikan ke kami rekening yang valid dan masih aktif. Jika konsumen belum memberikan nomor rekening dan/atau rekening yang tidak valid (termasuk salah dalam penulisan data) maka proses refund akan ditunda dan kami akan meminta kembali rekening yang valid. Apabila konsumen tidak mengabari 2x24 jam maka dianggap selesai. 
8. Proses refund ke rekening bank atas nama pembeli akan dilakukan paling lambat 3x24 jam sejak produk diterima kembali oleh pihak WATERCARE.
Bagaimana cara mengajukan komplain barang?
Anda dapat langsung menghubungi bagianCustomer Care kami pada nomor 081299899323/081299899373
Bagaimana cara saya melacak status produk saya sedang di proses sampai mana?
Anda dapat melacak produk anda dengan menggunakan nomer resi anda dan kunjungi situs website kurir yang Anda pilih.