Penyebab dan Cara Atasi Air Sumur yang Keruh Saat Musim Hujan

Ketika musim hujan tiba, umumnya kondisi air sumur akan berubah, terutama jika di daerah Anda mengalami hujan lebat yang berkepanjangan. Saat Anda menemukan air sumur di rumah menjadi keruh dan kecokelatan, ini sebenarnya merupakan hal yang sangat normal. Namun bukan berarti air keruh pada sumur aman dibiarkan begitu saja.

Sumur yang berubah keruh biasanya menunjukkan adanya kontaminasi pada air, sehingga ini perlu ditanggapi dengan serius untuk menghindari resiko penyakit berbahaya yang mungkin ditimbulkannya. Agar mengetahui apa penyebab serta bagaimana solusi untuk mengatasinya, berikut penjelesan lebih lengkap mengenai air sumur yang keruh akibat musim hujan.

Mengapa Air Sumur Berubah Keruh?

Air sumur yang berubah keruh atau berwarna kecokelatan setelah hujan biasanya bisa disebabkan oleh berbagai masalah yang berbeda. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Kontaminasi limpasan air hujan karena adanya kebocoran pada sumur.
  2. Sistem pipa atau pemanas air yang berkarat.
  3. Kontaminasi silang pada sistem septik.

Anda mungkin tidak selalu dapat mengenali kontaminasi bakteri pada rasa air, karenanya jika ada tanda-tanda air berubah keruh setelah terjadinya hujan lebat, hal ini perlu ditangani secepat mungkin. Perubahan warna seperti ini merupakan peringatan yang menunjukkan bahwa ada masalah pada air sumur Anda, dan dikhawatirkan keluarga serta hewan peliharaan Anda beresiko mengalami gangguan kesehatan jika terus mengkonsumsinya.

Terlebih lagi air sumur keruh yang disebabkan oleh limpasan air hujan dapat membawa berbagai kontaminan yang berbeda termasuk pupuk, pestisida, kotoran hewan, serta polutan berbahaya lainnya. Anak-anak dan anggota keluarga yang sudah lanjut usia akan lebih rentan untuk mengalami penyakit parah jika terus mengkonsumsi air dengan kualitas buruk dalam jangka waktu yang panjang.

Cara Mengatasi Air Sumur Keruh

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi air sumur yang keruh adalah dengan memasang filter air. Filter air sumur ini berfungsi untuk menghilangkan berbagai kontaminan yang disebabkan oleh limpasan air hujan, kebocoran pada sistem septik, hingga pencemaran polutan berbahaya lainnya seperti klorin, besi, dan belerang. Filter air dapat memastikan setiap air yang dialirkan ke keran rumah Anda memiliki kualitas yang bersih dan aman dikonsumsi atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mencuci piring dan pakaian, menyikat gigi, atau menyiram tanaman.

Jika selama ini Anda berpikir bahwa air sumur di rumah Anda selalu aman untuk digunakan, Anda salah besar. Sebab air yang terlihat jernih sekalipun tidak menjamin terbebas dari bakteri. Terlebih lagi, dengan munculnya perubahan pada warna air saat musim hujan tiba, tentu Anda dan keluarga tidak ingin menghadapi berbagai resiko penyakit berbahaya akibat mengkonsumsinya, bukan?

Karenanya, memasang sistem penyaringan air merupakan investasi yang bijak untuk mencegah pencemaran pada sumber air utama Anda. Nah, demi memastikan air sumur di rumah tetap bersih dan aman digunakan, Watercare sebagai spesialis masalah air menghadirkan alat-alat pengolahan air yang dapat membersihkan air minum di rumah Anda dari kontamin berbahaya seperti polutan, virus, bakteri, dan mikroorganisme. Tim ahli kami juga memberikan layanan berupa konsultasi gratis mengenai masalah air Anda, dan akan membantu memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Jika ada pertanyaan atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi kontak kami yang tertera di website resmi Watercare.

Share:

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.