Penyebab Air Sumur Kotor dan Solusi Untuk Mengatasinya

Jika Anda menggunakan sumur pribadi sebagai sumber air utama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pastinya Anda pernah mengalami beberapa masalah yang muncul seperti air yang berubah warna keruh atau kecoklatan. Selain sangat mengganggu karena aroma dan baunya yang tidak enak, air kotor yang dihasilkan dari sumur juga memiliki risiko yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan keluarga, terutama jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Penyebab Air Sumur Kotor

Ketika air sumur di rumah Anda mulai berubah warna dan tampak keruh, hal tersebut mungkin membuat Anda bertanya-tanya hal apakah yang menjadi penyebabnya. Nah, secara umum biasanya ada beberapa alasan utama yang membuat air sumur jadi kotor. Berikut di antaranya.

  1. Pipa rusak: Kerusakan pada pipa memungkinkan kotoran yang bersumber dari luar bercampur dengan air sumur Anda. Hal ini tentunya dapat membuat air berubah jadi keruh, bau, dan memiliki rasa yang tidak enak.
  2. Kandungan mineral: Kandungan mineral alami yang dihasilkan dari tanah dapat mempengaruhi kualitas air rumah Anda dan membuatnya terkontaminasi oleh berbagai kotoran seperti sedimen dan pasir.
  3. Kadar zat besi yang tinggi: Air yang memiliki kadar zat besi tinggi biasanya akan meninggalkan noda berwarna coklat atau merah pada perlengkapan mandi, cucian piring, serta pakaian Anda.
  4. Kandungan organik: Tidak hanya mineral saja, tapi air sumur yang dihasilkan dari alam juga dapat terkontaminasi oleh berbagai kandungan organik seperti vegetasi yang membusuk. Hal tersebut dapat memperburuk kualitas air dengan merubah rasa dan warnanya.

Cara Mengatasi Air Sumur Kotor

Air adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari, karena itu mendapatkan air bersih untuk kebutuhan konsumsi Anda dan keluarga merupakan hal utama. Jika air sumur di rumah Anda seringkali berubah kotor karena berbagai kontamin berbahaya, maka solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memasang filter air. Berikut beberapa manfaat menggunakan filter air di rumah Anda.

  1. Tidak hanya dapat menghilangkan kotoran seperti tanah atau pasir saja, filter air juga dapat menyaring berbagai polutan seperti logam berat yang berbahaya bagi tubuh.
  2. Mencuci dengan menggunakan air kotor yang berwarna keruh berpotensi merusak pakaian dan perlengkapan makan. Dengan memasang filter air yang dapat menghasilkan air bersih, Anda bisa sekaligus memperpanjang umur peralatan rumah tangga.
  3. Air kotor dapat memicu timbulnya rasa gatal atau iritasi kulit terutama bagi pemilik kulit sensitif. Namun jika sudah memasang filter air di rumah, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah tersebut.
  4. Filter air membantu Anda untuk menghemat penggunaan sabun. Hal ini dikarenakan air yang memiliki konsentrasi mineral tinggi seperti air sumur yang sudah terkontaminasi dapat mengurangi efektifitas sabun, sehingga Anda membutuhkan produk sabun yang lebih banyak untuk membuat busa.
  5. Meminum air bersih tidak hanya dapat menyehatkan tubuh saja, tapi juga meningkatkan kualitas dan rasa dari air itu sendiri.

Watercare sebagai spesialis masalah air menghadirkan alat-alat pengolahan air berbasis metode Reverse Osmosis yang dapat membersihkan air sumur di rumah Anda dari kontamin berbahaya seperti polutan, virus, bakteri, dan mikroorganisme. Tim ahli kami juga memberikan layanan berupa konsultasi gratis mengenai masalah air Anda, dan akan membantu memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Jika ada pertanyaan atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi kontak kami yang tertera di website resmi Watercare.

Share:

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.