Mengenal Water Purifier Dengan Sistem Reverse Osmosis dan Manfaatnya

filter air sumur bor Reverse Osmosis

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah Reverse Osmosis sebelumnya? Reverse Osmosis sendiri merupakan teknologi pengolahan air yang menggunakan membran semi-permeable sebagai filter utamanya untuk menghasilkan air murni berkualitas tinggi. Bagi kebanyakan orang, mungkin pemurnian air menggunakan sistem ini masih terdengar asing. Namun sebenarnya sistem Reverse Osmosis sudah digunakan sejak dahulu oleh berbagai perusahaan besar, baik itu untuk kebutuhan industri ataupun untuk membuat air kemasan botol yang bisa dijual.

Apa Itu Sistem Reverse Osmosis?

Reverse Osmosis merupakan proses pemurnian air yang dilakukan melalui beberapa kali tahapan penyaringan untuk menghilangkan kandungan molekul serta partikel berbahaya yang ada di dalamnya, seperti kontamin dan sedimen yang meliputi klorin, garam, metal, dan berbagai kotoran lainnya.

Tidak hanya itu, filter Reverse Osmosis juga dapat membunuh berbagai jenis mikroorganisme yang tidak diinginkan. Dengan melewati beberapa kali proses penyaringan, bahkan mikroorganisme yang dihancurkan tidak hanya pada tingkatan sel saja, melainkan sampai tingkat molekul. Hal ini pun membuat air yang dihasilkan menjadi lebih bersih dan murni.

Bagaimana Cara Reverse Osmosis Bekerja?

Proses pemurnian menggunakan sistem Reverse Osmosis dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada air yang memiliki konsentrasi kontamin tinggi ke konsentrasi kontamin rendah, sehingga kontamin yang ada di dalam air bisa tersaring dan hanya menyisakan air bersih yang dapat langsung diminum.

Pada mesin filter biasanya terdapat empat proses penyaringan yang mencakup filter sedimen, filter pra-carbon, membran inti, dan filter post-carbon. Filter sedimen berfungsi untuk menghilangkan kotoran besar seperti debu, pasir, atau tanah agar tidak menyumbat filter lainnya. Filter pra-carbon bekerja dengan mengaktifkan karbon untuk menyaring kotoran yang seukuran butiran tepung seperti klorin, kloramin, dan senyawa kimia lainnya. Kemudian membran Reverse Osmosis akan menyaring molekul yang lebih berat dari air seperti sodium, flourida, logam berat, dan sebagainya. Lalu filter yang terakhir bertugas untuk memurnikan air yang sudah disaring sebelumnya dari elemen yang masih tersisa sampai benar-benar menjadi H2O murni.

Apa Keuntungan Menggunakan Reverse Osmosis?

Berbeda dengan filter karbon yang hanya mampu menyaring partikel berukuran 1 mikron saja, filter air Reverse Osmosis dapat memurnikan air hingga 99,9% dari berbagai jenis kontamin dan sedimen, bahkan juga sampai partikel terkecil yang berukuran 0,01 mikron.

Anda mungkin memiliki sumber mata air yang bersih untuk persediaan air di rumah, namun dalam proses perjalanan air tersebut dari sumber mata air hingga sampai ke pipa rumah Anda belum tentu sudah terjamin bebas dari berbagai kontamin yang ada di alam. Tanpa Anda sadari, bisa saja keran rumah Anda menghasilkan air dengan tingkat TDS yang tinggi, yang mana akan sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia, terlebih lagi dalam jangka waktu yang panjang. Menurut Wolrd Health Organization, air dengan konsentrasi TDS yang mencapai angka 1200ppm atau lebih dikhawatirkan dapat memberikan berbagai gangguan kesehatan berbahaya, seperti kanker dan ginjal.

Itu sebabnya, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan water purifier dengan sistem Reverse Osmosis guna mendapatkan air bersih berkualitas yang aman dan menyehatkan untuk keluarga.

 

Share:

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.