Langkah Membersihkan Membran Filter Air yang Bermasalah

Membran Filter Air RO

Membran RO atau familiar dengan nama Membran Reverse Osmosis adalah membran yang terbuat dari selaput semipermeabel yang berfungsi sebagai penyaring dan/ memfilter air dari kandungan logam, virus, atau bakteri sehingga menghasilkan air murni dan tidak terkontaminasi. Jika sudah kotor, membrane ini dapat dibersihkan atau diganti.

Dengan membran RO akan menurunkan tds (total dissolved solids) karena memiliki ukuran pemfilteran yang sangat halus yaitu mencapai 1/10.000 mikron atau setara dengan sehelai rambut dibagi satu juta.

Dengan ukuran sekecil ini maka virus, bakteri, dan kandungan logam akan tersaring di mana ukuran Membran RO lebih kecil dibandingkan ketiganya. Membran ini sendiri harus dimasukkan dalam housing Ro sesuai dengan ukuran masing-masing. Biasanya setelah pemakaian 1 tahun membran RO harus diganti, namun cepat dan lamanya penggantian bergantung dengan tingkat pemakaian dan kondisi air baku yang disaring.

Masalah yang Sering Terjadi Pada Membran Filter Air

Perlu Anda garis bawahi, seluruh membran filter tidak akan luput dari masalah. Setiap produk dalam berbagai harga memiliki resiko mengalami kendala. Membran filter air yang bermasalah tentunya akan menciptakan masalah pada filter Anda. Lantas, masalah apa saja yang sering terjadi pada membran filter air Anda?

  • Air Reverse Osmosis Keluar Sedikit
    Kendala ini terjadi dikarenakan beberapa hal, seperti karena air baku tidak lancar / tersumbat Karena tekanan air baku tidak kencang (idealnya bertekanan 1-2 bar), Karena tekanan pompa booster / pompa membrane kurang (min.50psi), Karena Post Carbon yang mampet, karena membrane Reverse Osmosis mampet.

  • Air Reverse Osmosis Mampet
    Berbeda dengan kendala di atas, terkadang membran filter air terkadang juga mengalami kendala mampet. Ada pun hal yang dapat menjadikan membran ro tersebut mampet atau tak lancar adalah keberadaan suatu zat kapur dan beberapa zat yang dapat menyebabkan terjadinya kemampetan, Fouling atau scaling. Sehubungan dengan hal itu, membran ro yang sudah Anda pasang tersebut, alangkah baiknya untuk secara teratur dilakukannya pencucian.

  • Air Reverse Osmosis Cepat Buntu
    Selain macet dan juga air yang keluar sedikit, ada juga kendala cepat buntu. Hal ini biasanya terjadi karena semakin rendah kualitas air baku maka semakin berat pula kerja membran RO, sehingga mengakibatkan buntunya membran RO itu sendiri. Solusi yang dapat Anda ambil adalah perhatikan bagaimana kualitas air (tingkat kekeruhan, TDS, zat besi, kapur, dll). Jika kualitas air Anda cukup rendah, sebaiknya perbanyaklah penyaringan filter cartridge, resin softener atau filter media lainnya sebelum masuk ke unit RO Anda.

Langkah Cara Membersihkan Membran Filter Air

Dari keempat kendala tersebut, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan. Apa sajakah itu?

  • Sistem Terbuka
    Apa itu sistem terbuka? Sistem terbuka adalah sistem di mana Anda dapat melakukan pembersihan atau pencucian yang diawali dengan mengeluarkan membran tersebut dari dalam housing RO. Setelah itu, membran ini direndam di dalam campuran hyper clean 572 dan air secukupnya selama 6-8 jam. Namun sebelumnya, Anda harus memastikan semua bagian membran RO tercelup di dalam campuran diatas. Setelah tahap ini selesai dilaksanakan, membran RO bisa Anda bilas terlebih dahulu dengan air bersih.

    Langkah terakhir, membran RO dapat Anda rendam sekali lagi di larutan hyper clean 779 yang sudah dicampur air. Proses ini akan membuat membran RO menjadi bersih kembali.

  • Metode Tertutup
    Sebaliknya, ada metode pencucian dengan sistem tertutup. Apa itu? Sebenarnya cara membersihkannya sama dengan sistem terbuka, bedanya hanya pada membran RO tersebut dilakukan dalam suatu housing Ro. Cara dengan menggunakan sistem ini biasanya dilakukan apabila membran Anda memiliki tipe yang besar, yaitu di atas 2000 GPD. Mekanismenya dilakukan dengan mengganti input dari yang semula air baku menjadi cairan pembersih.

Begitulah serba-serbi membran filter, kendalanya, dan juga cara membersihkannya.

Share:

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.