Jaga Kualitas Air Di Rumah Dengan Beberapa Cara Ini

alat filter air

Sebagai kebutuhan utama dan mendasar bagi semua manusia, air yang jernih tentu sangat dibutuhkan. Tidak hanya air minum, air kran yang jernih juga memilliki manfaat sendiri untuk kesehatan bahkan peralatan rumah tangga. Untuk itu, penggunaan filter sumur cukup dibutuhkan oleh banyak orang, guna mendapatkan air kran yang bersih.

Sayangnya, banyak orang yang tidak bisa mendapatkan air yang bersih. Bahkan, ada 1,8 juta orang meninggal setiap tahunnya karena menderita diare dan kolera yang disebabkan oleh penggunaan air yang tidak layak pakai. Dengan alasan ini, menjaga kualitas air sangat diperlukan. Berikut beberapa cara untuk menjaga kualitas air yang Anda miliki.

  1. Lakukan pengecekan pada pipa air secara berkala

Sebelum Anda merasa ada perubahan warna dan rasa pada air rumah Anda, ada baiknya untuk selalu mengevaluasi pipa air di rumah. Selain itu, perubahan tekanan air juga bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada pipa di rumah Anda dan bisa menyebabkan air di rumah menjadi kurang baik. Korosi pada pipa bisa menyebabkan penyumbatan sebagian air dalamnya. Jika hal ini dibiarkan, maka air yang mengalir di pipa tersbeut bisa tercemar zat-zat kimia yang belum tersaring. Jadi, tetap cek keadaan pipa di rumah. Namun, pengecekan harus dilakukan oleh ahlinya.

  1. Uji kelayakan air sumur

Jika Anda mengonsumsi air dari sumur, maka Anda harus mengujinya terlebih dahulu. Dengan melakukan uji kelayakan ini, Anda bisa mengetahui apakah air sumur di rumah sudah layak untuk dikonsumsi atau justru mengandung zat berbahaya. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa secara berkala pompa yang digunakan untuk mengambil air. Jika pompa tersebut mengalami kebocoran, maka bisa menyebabkan air sumur terkontaminasi oleh sedimen atau kotoran.

  1. Menjauhkan septic tank/tangki septic dengan sumber air

Anda harus memberikan jarak sepanjang 10 meter dari tangki septic dengan sumber air. Hal ini agar air sumur tidak terkontaminasi bakteri yang berasal dari tangki septic. Sayangnya, jarak ini tidak ideal jika digunakan di perkotaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengetahui terlebih dahulu arah aliran air tanah sehingga Anda bisa memposisikan tangki septic dengan tidak mengarahkannya ke sumber air.

  1. Gunakan sistem penyaringan air

Untuk lebih memastikan bahwa air di rumah Anda bersih dan tidak terkontaminasi banyak bakteri. Anda bisa mengguunakan alat penyaringan air. Alat ini membantu Anda untuk mendapatkan air yang bersih dan berkualitas. Kesehatan Anda dan keluarga tentu jauh lebih penting dari biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan alat ini. Namun, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu sistem mana yang paling sesuai untuk rumah Anda.

Pilih juga alat filter air yang tepat dan berkualitas sehingga air yang Anda dapatkan juga bersih dari kuman dan zat berbahaya. Hubungi kami untuk mendapatkan fiter air dengan kualitas terbaik dan berstandar nasional. Atau kunjungi website kami untuk mendapatkan filter air yang tepat untuk rumah Anda.

 

Share:

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.