Jaga Kebersihan, Ini Dia Manfaat Lain Kaporit untuk Air

kaporit bubuk atau tablet

Salah satu kebutuhan pokok dari masyarakat ialah air bersih yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-harinya. Tanpa air bersih, kehidupan masyarakat Indonesia kemungkinan besar tidak akan berjalan dengan lancar. Coba saja bayangkan jika tidak ada air bersih satu minggu saja, bagaimana Anda dapat menjalani kegiatan Anda?

Pada dasarnya ada banyak cara untuk air bersih, seperti mengambil dari mata air, berlangganan air ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau membuat sumur sendiri. Sayangnya, tidak semua air yang berasal dari mata air atau sumur dapat Anda gunakan langsung. Harus ada proses penjernihan terlebih dahulu sebelum layak digunakan.

Maka dari itu, diperlukan usaha agar air yang Anda gunakan lebih jernih dan layak, salah satunya adalah dengan menggunakan kaporit. Meskipun berbahan dasar zat kimia, namun bukan berarti obat penjernih air ini berbahaya dan akan merusak tubuh, kok!

Namun, sebelum kita mengulas mengenai kaporit, mari kita cari terlebih dahulu apa itu kaporit?

Mikroorganisme Dalam Air

Seperti yang kita ketahui, mikroorganisme dapat ditemukan di mana saja tak terkecuali air sungai, danau, dan air tanah. Meskipun tak semua mikroorganisme berbahaya bagi kesehatan manusia, ada beberapa yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Mikroorganisme tersebut disebut patogen. Patogen yang ada dalam air dapat ditularkan melalui sistem distribusi air minum, menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui air pada orang yang mengkonsumsinya.

Untuk memerangi penyakit yang ditularkan melalui air, berbagai metode disinfeksi digunakan untuk menonaktifkan patogen. Seiring dengan proses pengolahan air lainnya seperti memberikan kaporit, koagulasi, sedimentasi, dan filtrasi, untuk membuat air aman untuk dikonsumsi publik.

Apa Itu Kaporit?

Anda tentunya tak asing lagi dengan senyawa kimia satu ini. Kaporit adalah senyawa kimia yang sering digunakan sebagai disinfektan dalam air karena kemampuannya untuk membunuh membunuh bakteri, kuman, serta virus penyebab penyakit. Di pasaran, kaporit tersedia dalam bentuk serbuk dan bentuk tablet. Kaporit berbentuk tablet dipilih karena lebih tahan lama dan memiliki fungsi utama untuk sterilisasi air.

Meskipun aman, namun penggunaan kaporit berlebihan tak dianjurkan karena akan membahayakan. Cukup gunakan sebanyak 1 sendok makan untuk setiap 1.000 liter air atau sekitar 15 gram per meter kubik air.

Manfaat Kaporit untuk Menjernihkan Air


Manfaat utama kaporit ialah melawan bakteri dan virus; Namun, itu tidak dapat menonaktifkan semua mikroba. Beberapa kista protozoa resisten terhadap efek klorin.

Dalam kasus di mana kista protozoa bukan merupakan perhatian utama, kaporit adalah metode disinfeksi yang baik untuk digunakan karena murah namun efektif dalam mendesinfeksi banyak kontaminan lain yang mungkin ada. Proses kaporit dalam menjernihkan air pun cukup mudah diterapkan, jika dibandingkan dengan metode pengolahan air lainnya. Ini adalah metode yang efektif dalam situasi darurat air karena dapat menghilangkan kelebihan patogen dengan relatif cepat. Situasi darurat air dapat berupa apa saja, mulai dari kerusakan filter hingga pencampuran air olahan dan air mentah.

Tujuan utama dari penggunaan kaporit ialah untuk mendesinfeksi air, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain. Berbeda dengan beberapa metode desinfeksi lainnya seperti ozonasi dan radiasi ultraviolet, klorinasi mampu memberikan residu untuk mengurangi kemungkinan pertumbuhan kembali patogen di tangki penyimpanan air atau dalam sistem distribusi air.

Dalam beberapa kasus, sistem distribusi dapat berada dalam jarak yang cukup jauh. Patogen dapat tumbuh kembali jika takaran klorin yang tepat tidak dapat dipertahankan dalam air olahan yang dikirim untuk dikonsumsi. Hal ini menyebabkan kualitas air yang buruk serta lendir dan biofilm dalam sistem distribusi yang pada akhirnya akan mencemari air bersih yang diolah dan didistribusikan.

Nah, sekarang kalian sudah tahu apa saja manfaat dari kaporit dalam menjernihkan air. Jangan lupa untuk menggunakan kaporit sesuai takarannya agar tidak berbahaya untuk tubuh ya.

Share:

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.