Ciri-Ciri Air Bersih yang Layak Dikonsumsi Oleh Tubuh

filter air bersih untuk rumah tangga

Setiap orang diharuskan untuk mengkonsumsi air bersih yang cukup setiap harinya secara teratur, bahkan tidak hanya ketika Anda sedang melakukan pekerjaan fisik atau berolahraga saja. Hal ini dikarenakan tubuh manusia terdiri dari sekitar 70% air, dan jika kebutuhan cairan tidak tercukupi, maka organ-organ vital di dalam tubuh akan kesulitan untuk bekerja dengan baik.

Selain jumlah konsumsi yang cukup, hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kualitas air yang Anda minum. Meskipun air keran yang dihasilkan di sebagian kota-kota besar terlihat cukup bersih, namun tanpa disadari bisa saja di dalamnya ada berbagai macam kandungan polutan seperti elemen kimia berbahaya yang dapat memiliki efek kumulatif jangka panjang pada kesehatan.

Sangat penting untuk selalu memastikan bahwa air yang Anda konsumsi aman untuk diminum, bersih, menyehatkan, dan bebas polutan. Sebagai gambaran, Anda bisa menilai air bersih yang layak untuk dikonsumsi oleh tubuh berdasarkan ciri-ciri berikut ini.

  1. Kekeruhan

Sebagian besar kekeruhan pada air dapat disebabkan oleh material koloid seperti tanah liat, pasir, pecahan batuan, atau oksida logam. Namun limbah industri atau rumah tangga dan kontaminan seperti mikroorganisme juga dapat berkontribusi untuk membuat air menjadi keruh. Tentu kekeruhan pada air bisa memberikan dampak buruk seperti menyebabkan rasa dan bau yang tidak sedap.

Untuk memastikan air yang Anda minum bebas keruh, Anda bisa mengeceknya dengan mengukur sejauh mana cahaya dapat diserap oleh air. Meski masih ada kemungkinan untuk memiliki jumlah padatan terlarut yang tak terlihat, namun semakin bening air artinya semakin baik pula kualitasnya.

  1. Warna

Pada dasarnya, air murni yang aman untuk diminum tidak memiliki warna. Di sisi lain, warna yang terdapat pada air dapat menandakan adanya zat asing yang kemungkinan besar berbahaya untuk dikonsumsi. Misalnya zat organik seperti kayu atau tumbuhan yang membusuk dapat menyebabkan air jadi kecokelatan, sedangkan oksida besi menyebabkan air berwarna kemerahan, dan oksida mangan menyebabkan air menjadi hitam.

  1. Rasa dan Bau

Sebelum disalurkan ke setiap rumah dan dapat dikonsumsi oleh manusia, tanpa disadari ada banyak sekali zat yang bersentuhan dengan air selama masih berada di alam. Zat ini termasuk mineral, logam, garam, dan lain sebagainya. Air yang sudah tercemar biasanya akan terasa pahit atau asin dan memiliki bau tidak menyenangkan, sehingga tidak lagi layak untuk dikonsumsi.

  1. Suhu

Suhu bisa menjadi parameter penting untuk melihat kualitas air yang ada di alam. Hal ini dikarenakan paparan suhu panas atau dingin yang terlalu ekstrem dapat mempengaruhi jumlah oksigen terlarut pada air, sehingga membuat komposisi rasanya jadi berubah dan kualitasnya berkurang. Karenanya, selalu pastikan air yang Anda minum memiliki suhu normal antara 10° C sampai dengan 25° C.

  1. Jumlah Padatan

Jumlah padatan terlarut, atau biasa disebut sebagai Total Dissolved Solid, merupakan tingkatan ion bermuatan positif dan negatif yang ada di dalam air. Semakin tinggi jumlah padatan terlarut air, maka artinya semakin banyak pula kontaminan berbahaya yang ada di dalamnya. Sebaliknya, semakin rendah level TDS-nya, maka akan semakin baik pula kualitas air untuk menghidrasi sel-sel di dalam tubuh.

Air yang kotor dan tidak layak diminum dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Untuk memastikan Anda dan keluarga selalu mendapatkan asupan air bersih yang berkualitas, Watercare sebagai spesialis masalah air menghadirkan alat-alat pengolahan air berbasis metode Reverse Osmosis yang dapat membersihkan air sumur di rumah Anda dari kontamin berbahaya seperti polutan, virus, bakteri, dan mikroorganisme.

Tim ahli Watercare juga memberikan layanan berupa konsultasi gratis mengenai masalah air Anda, dan akan membantu memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya. Jika ada pertanyaan atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi kontak kami yang tertera di website resmi Watercare.

 

Share:

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.