5 Tips Untuk Jernihkan Air Sumur yang Keruh

alat filter air sumur bor dengan metode reverse osmosis

 

  1. Menggunakan Arang Kelapa

Salah satu bahan alami lainnya yang bisa menjernihkan air sumur di rumah Anda adalah arang yang dibuat dari tempurung kelapa. Arang kelapa memiliki kandungan karbon aktif yang dinilai ampuh untuk menyaring kotoran dan menyerap kandungan-kandungan berbahaya lainnya. Cara kerjanya pun mirip seperti tawas, kotoran dalam air akan diserap dan mengendap, kemudian menyisakan air bersih di atasnya.

  1. Kaporit

Alternatif lain selain bahan-bahan alami untuk menjernihkan air sumur adalah menggunakan kaporit. Bahan yang satu ini tidak hanya mudah untuk didapatkan, tapi juga sering dimanfaatkan oleh PDAM untuk mensterilkan air sungai dari bakteri dan kuman. Namun jika Anda menggunakan kaporit secara berlebihan, justru kandungan kimianya akan meningkat dan mengeluarkan bau tidak enak. Karena itu, sebelum memakai kaporit, jangan lupa untuk menghitung dulu agar takarannya tepat.

  1. Trussi

Bahan kimia lainnya yang bisa Anda gunakan adalah trussi atau copper sulphate. Sama seperti kaporit, trussi juga sering digunakan oleh banyak orang untk menjernihkan air kolam renang. Bedanya, penggunaan trussi lebih difokuskan untuk menghilangkan kotoran mikroorganisme seperti ganggang atau lumut. Jika sumur di rumah Anda keruh karena lumut, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan trussi supaya airnya bersih kembali.

  1. Filter Air

Cara paling efektif untuk menjernihkan air sumur sebenarnya adalah dengan menggunakan filter air. Selain air sumur Anda bisa jadi lebih bersih dan jernih dalam jangka panjang, filter air juga tidak akan merusak kualitas air karena tidak ditambah dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Air di rumah Anda tentunya akan terhindar dari kotoran, bau tidak menyenangkan, atau campuran bahan-bahan kimia yang tidak sehat.

Itu dia beberapa tips ampuh untuk menjernihkan air sumur. Sekarang Anda tidak perlu lagi merasa khawatir jika air sumur di rumah mulai terlihat keruh, karena semua cara di atas bisa Anda coba dan lakukan sendiri dengan mudah.

 

Share:

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.