4 Tips Untuk Merawat Filter Air Minum RO

Tips merawat filter air

Filter air minum Reverse Osmosis, atau biasa disingkat RO, sudah sering digunakan oleh banyak orang sebagai sumber penghasil air bersih untuk dikonsumsi atau diminum. Selain karena hasil penyaringan airnya yang higienis, hal tersebut juga disebabkan oleh cara kerjanya sendiri yang dirasa praktis.

Namun perlu Anda tahu, untuk membuat mesin RO tetap awet tentunya harus dilakukan perawatan secara berkala. Berikut beberapa tips penting untuk merawat filter air minum RO agar tahan lama.

  1. Jangan Malas Mengganti Filter

Filter dalam mesin RO merupakan komponen penting yang berfungsi untuk sistem pemurnian. Filter ini juga berguna untuk melindungi membran RO dari kerusakan karena proses penyaringan. Jika Anda malas mengganti filter tepat waktu, aliran air bisa tersumbat oleh partikel-partikel yang dapat mengurangi fungsi karbon. Dan jika dibiarkan terus-menerus, sumbatan partikel tersebut bisa menjadi tempat untuk berkembang biak bakteri.

  1. Rutin Mengganti Membran

Membran adalah item terpenting dalam mesin RO itu sendiri. Agar mesin tetap awet, selalu siapkan budget untuk biaya penggantian membran, paling tidak setiap tiga hingga lima tahun sekali. Hal ini sangat disarankan, terutama jika mesin RO yang Anda miliki digunakan untuk keperluan komersil seperti berjualan air minum. Sebab penggunaan mesin dalam jangka panjang lama-kelamaan akan membuat membran menjadi aus.

  1. Lakukan Pembersihan Sistem

Pembersihan sistem yang dilakukan secara rutin juga dapat memperpanjang masa pakai membran. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi pengeluaran untuk biaya penggantian yang lebih mahal, sehingga membuat Anda bisa berhemat. Anda bisa melakukan pembersihan sistem dengan menggunakan bahan kimia yang berfungsi sebagai penghambat kerak, contohnya seperti biocide atau klorin.

  1. Pemeliharaan Secara Teratur

Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan berkala pada sistem dengan memanggil tukang servis. Tapi sebelum itu, Anda juga perlu mencatat berbagai informasi penting mengenai produksi air minum yang dihasilkan oleh mesin, seperti kualitas, tekanan, laju air, dan suhu air. Informasi-informasi seperti itu akan sangat berguna bagi tukang servis untuk mengetahui jika ada kerusakan dalam mesin RO sehingga bisa dilakukan perbaikan dengan tepat.

Ada masanya ketika mesin akan mengalami keausan atau kerusakan, termasuk filter air RO yang Anda miliki. Namun dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda bisa memperpanjang umur mesin sehingga masa pakainya pun akan lebih lama dan awet. Jadi selalu sisihkan budget untuk biaya pemeliharaan, demi menghindari kerusakan fatal pada komponen penting yang akan membutuhkan biaya lebih besar.

Share:

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.