3 Cara Mengatasi Air Sumur Bor yang Keruh di Musim Hujan

jual alat filter air sumur & sumur bor harga murah
  1. Gunakan Bahan Alami

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan air sumur bor yang keruh adalah tawas. Bahan yang satu ini sudah populer digunakan sejak jaman dulu untuk menjernihkan air. Namun Anda harus hati-hati, sebab penggunannya yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping berupa gatal-gatal, kemerahan, atau ruam pada kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Ada pula bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan adalah arang kelapa. Tapi perlu diketahui, untuk meningkatkan efektifitasnya, penggunaan arang kelapa harus rutin diganti secara berkala agar air sumur tetap bersih.

  1. Gunakan Bahan Kimia

Ada berbagai macam bahan kimia yang berfungsi untuk mengatasi permasalahan air sumur bor yang keruh dan berbau, contohnya seperti kaporit atau klorin. Bahkan bahan-bahan kimia tersebut juga berguna sebagai disenfektan yang dapat menghilangkan bakteri dan kuman-kuman di dalam kandungan air yang bisa mendatangkan penyakit. Itu sebabnya, PDAM pun memanfaatkan bahan kimia tersebut untuk membersihkan air.

Tapi ingat, penggunaan bahan kimia tentunya harus memengikuti takaran yang sesuai. Sebab jika Anda memakainya secara berlebihan atau terlalu banyak, hal itu justru dapat mendatangkan dampak buruk dan lama-kelamaan bisa membahayakan tubuh Anda.

  1. Gunakan Filter Air RO

Cara paling efektif untuk mengatasi air sumur bor yang keruh dan kotor karena lumpur adalah dengan menggunakan filter air RO, yaitu filter air yang dibekali dengan mesin Reverse Osmosis. Pada prinsipnya, filter air RO ini bekerja menjernihkan air dengan melewati beberapa tahap filtrasi, sehingga sangat efektif untuk menyingkirkan berbagai macam kotoran, bahan kimia organik, hingga bakteri-bakteri jahat.

Selain lebih modern dan praktis, dengan menggunakan filter RO, air yang dikonsumsi pun jadi jauh lebih bersih sehingga sangat aman untuk digunakan demi memenuhi kebutuhan air Anda dan keluarga setiap harinya.

Itu dia beberapa cara ampuh untuk mengatasi air sumur bor yang keruh dan kotor. Kini Anda tidak perlu lagi merasa khawatir saat musim hujan tiba, sebab Anda sudah mengetahui solusinya.

 

Share:

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.