Article

Jaga Kebersihan, Ini Dia Manfaat Lain Kaporit untuk Air

kaporit bubuk atau tablet

Salah satu kebutuhan pokok dari masyarakat ialah air bersih yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-harinya. Tanpa air bersih, kehidupan masyarakat Indonesia kemungkinan besar tidak akan berjalan dengan lancar. Coba saja bayangkan jika tidak ada air bersih satu minggu saja, bagaimana Anda dapat menjalani kegiatan Anda?

Pada dasarnya ada banyak cara untuk air bersih, seperti mengambil dari mata air, berlangganan air ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau membuat sumur sendiri. Sayangnya, tidak semua air yang berasal dari mata air atau sumur dapat Anda gunakan langsung. Harus ada proses penjernihan terlebih dahulu sebelum layak digunakan.

Maka dari itu, diperlukan usaha agar air yang Anda gunakan lebih jernih dan layak, salah satunya adalah dengan menggunakan kaporit. Meskipun berbahan dasar zat kimia, namun bukan berarti obat penjernih air ini berbahaya dan akan merusak tubuh, kok!

Namun, sebelum kita mengulas mengenai kaporit, mari kita cari terlebih dahulu apa itu kaporit?

Mikroorganisme Dalam Air

Seperti yang kita ketahui, mikroorganisme dapat ditemukan di mana saja tak terkecuali air sungai, danau, dan air tanah. Meskipun tak semua mikroorganisme berbahaya bagi kesehatan manusia, ada beberapa yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Mikroorganisme tersebut disebut patogen. Patogen yang ada dalam air dapat ditularkan melalui sistem distribusi air minum, menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui air pada orang yang mengkonsumsinya.

Untuk memerangi penyakit yang ditularkan melalui air, berbagai metode disinfeksi digunakan untuk menonaktifkan patogen. Seiring dengan proses pengolahan air lainnya seperti memberikan kaporit, koagulasi, sedimentasi, dan filtrasi, untuk membuat air aman untuk dikonsumsi publik.

Apa Itu Kaporit?

Anda tentunya tak asing lagi dengan senyawa kimia satu ini. Kaporit adalah senyawa kimia yang sering digunakan sebagai disinfektan dalam air karena kemampuannya untuk membunuh membunuh bakteri, kuman, serta virus penyebab penyakit. Di pasaran, kaporit tersedia dalam bentuk serbuk dan bentuk tablet. Kaporit berbentuk tablet dipilih karena lebih tahan lama dan memiliki fungsi utama untuk sterilisasi air.

Meskipun aman, namun penggunaan kaporit berlebihan tak dianjurkan karena akan membahayakan. Cukup gunakan sebanyak 1 sendok makan untuk setiap 1.000 liter air atau sekitar 15 gram per meter kubik air.

Manfaat Kaporit untuk Menjernihkan Air


Manfaat utama kaporit ialah melawan bakteri dan virus; Namun, itu tidak dapat menonaktifkan semua mikroba. Beberapa kista protozoa resisten terhadap efek klorin.

Dalam kasus di mana kista protozoa bukan merupakan perhatian utama, kaporit adalah metode disinfeksi yang baik untuk digunakan karena murah namun efektif dalam mendesinfeksi banyak kontaminan lain yang mungkin ada. Proses kaporit dalam menjernihkan air pun cukup mudah diterapkan, jika dibandingkan dengan metode pengolahan air lainnya. Ini adalah metode yang efektif dalam situasi darurat air karena dapat menghilangkan kelebihan patogen dengan relatif cepat. Situasi darurat air dapat berupa apa saja, mulai dari kerusakan filter hingga pencampuran air olahan dan air mentah.

Tujuan utama dari penggunaan kaporit ialah untuk mendesinfeksi air, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain. Berbeda dengan beberapa metode desinfeksi lainnya seperti ozonasi dan radiasi ultraviolet, klorinasi mampu memberikan residu untuk mengurangi kemungkinan pertumbuhan kembali patogen di tangki penyimpanan air atau dalam sistem distribusi air.

Dalam beberapa kasus, sistem distribusi dapat berada dalam jarak yang cukup jauh. Patogen dapat tumbuh kembali jika takaran klorin yang tepat tidak dapat dipertahankan dalam air olahan yang dikirim untuk dikonsumsi. Hal ini menyebabkan kualitas air yang buruk serta lendir dan biofilm dalam sistem distribusi yang pada akhirnya akan mencemari air bersih yang diolah dan didistribusikan.

Nah, sekarang kalian sudah tahu apa saja manfaat dari kaporit dalam menjernihkan air. Jangan lupa untuk menggunakan kaporit sesuai takarannya agar tidak berbahaya untuk tubuh ya.

Beberapa Alasan Penting Untuk Memasang Filter Air

Alat Filter Air Minum

Untuk meminimalisir potensi air yang terkontaminasi, pasti Anda disarankan untuk memasang filter air di rumah Anda. Tanpa disadari, kondisi air memang dapat bertambah buruk dalam hitungan menit. Limbah rumah tangga, limbah komersil, industri, dan limbah kegiatan pertanian menjadi musuh untuk sumber air kita. Hal tersebut tentunya menyebabkan pencemaran yang mengerikan. Kandungan mikroorganisme, bahan kimia dan mineral anorganik yang berlebihan dapat menjadi ancaman untuk kesehatan Anda.

Tapi jangan takut, kali ini kami akan mengupas tuntas mengenai filter air dan beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakannya.

Mengapa Kita Butuh Filter Air?

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak alasan mengapa kita membutuhkan filter air. Kendala tersebut akan mengancam sumber air yang kita gunakan. Maka dari itu, kami sudah menyimpulkan beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan filter air?

Kualitas Air yang Menurun

Masalah kualitas air layak minum kini menjadi sebuah kendala yang disorot oleh masyarakat. Air tanah yang terlihat bersih bukan berarti layak minum. Hal ini karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu fisik, kimiawi, dan biologis.

Tentunya Anda tahu bahwa air tak layak minum bisa menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya adalah kesehatan. Terutama jika Anda memiliki anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang dan antibodinya belum terbentuk dengan sempurna.

Berdasarkan Peraturan pemerintah No. 20 Tahun 1990, kadar (Fe) yang ada pada air minum hanya boleh dikisaran 0,3 mg/lt, sedanngkan untuk kadar Mangan (Mn) yang terdapat dalam air minum tidak boleh melebihi ambang 0,1 mg/lt. Oleh karena itu untuk mengatasinya beberapa kelompok melakukan kajian agar dapat melakukan pengolahan air sumur sehingga bisa langsung diminum. Ujicoba pengolahan ini sendiri menggunakan beberapa media filter air seperti mangan zeolit, pompa air baku hydro prosessor, karbon aktif, dan ultraviolet.

Dilansir dari Liputan6, para peneliti dari universitas UNPAD menemukan 45% air isi ulang mengandung bakteri dan sebagian besar air yang direbus juga masih mengandung bakteri. Dengan temuan ini, Anda tahu bahwa air isi ulang pun bukanlah air yang bisa Anda percaya. Untuk itu Anda membutuhkan filter air di rumah Anda agar air di rumah Anda bersih terjaga.

Selain itu filter air ini dapat digunakan menjernihkan serta menghilangkan zat berbahaya yang mungkin terkandung di dalamnya. Jenis filter air tertentu juga sudah memenuhi standar kebersihan sebuah air, namun untuk mengkonsumsinya anda harus memprosesnya kembali dengan cara dipanaskan (dimasak). Media penyaring yang digunakan pada jenis filter air bersih ini adalah karbon aktif, zeolite ataupun resin.

Menjaga Kesehatan Keluarga

Melanjutkan masalah dari kualitas air yang menurun, ada banyak penyakit yang mengintai Anda jika air di rumah Anda terkontaminasi. Dilansir dari laman Alodokter, ada beberapa penyakit dan kondisi yang ditimbulkan apabila Anda mengonsumsi air yang terkontaminasi kuman atau senyawa, seperti:

  • Kram perut
  • Mual
  • Diare
  • Gangguan ginjal
  • Tekanan darah tinggi
  • Apabila Anda memiliki anak yang berada di umur tumbuh dan kembang, maka ada resiko di mana perkembangan fisik dan mental bayi dan anak-anak yang mengonsumsi air ini dapat terganggu
  • Aliran darah yang mengangkut oksigen menjadi terhambat

Menjaga Tanaman Tetap Subur

Jika Anda adalah pecinta tanaman, Anda pasti tahu bahwa air bersih adalah salah satu komponen yang penting dalam pertumbuhannya. Kontaminan berbahaya dalam air yang tercemar dapat membuat tanaman Anda menjadi tidak sehat dan secara tidak langsung akan merusak taman minimalis di rumah Anda. Salah satu bahan berbahaya dalam air adalah klorin, klorin ini dapat menyerang tanaman organik dan pelan-pelan menjadi penyebab kematian tanaman tersebut.

Maka dari itu, Anda membutuhkan filter air untuk menjaga tanaman Anda tetap sehat dan tumbuh dengan maksimal.

Itulah beberapa alasan penting mengapa pemasangan filter air Anda sangatlah penting dilakukan. Filter air sendiri dapat dipasang untuk seluruh rumah tangga atau dipasang di satu titik saja. Selain hal di atas, ada banyak alasan yang juga tak kalah penting ketika Anda menggunakan penyaring air.

Sekarang apakah Anda sudah memasang filter air di rumah Anda?

Langkah Membersihkan Membran Filter Air yang Bermasalah

Membran Filter Air RO

Membran RO atau familiar dengan nama Membran Reverse Osmosis adalah membran yang terbuat dari selaput semipermeabel yang berfungsi sebagai penyaring dan/ memfilter air dari kandungan logam, virus, atau bakteri sehingga menghasilkan air murni dan tidak terkontaminasi. Jika sudah kotor, membrane ini dapat dibersihkan atau diganti.

Dengan membran RO akan menurunkan tds (total dissolved solids) karena memiliki ukuran pemfilteran yang sangat halus yaitu mencapai 1/10.000 mikron atau setara dengan sehelai rambut dibagi satu juta.

Dengan ukuran sekecil ini maka virus, bakteri, dan kandungan logam akan tersaring di mana ukuran Membran RO lebih kecil dibandingkan ketiganya. Membran ini sendiri harus dimasukkan dalam housing Ro sesuai dengan ukuran masing-masing. Biasanya setelah pemakaian 1 tahun membran RO harus diganti, namun cepat dan lamanya penggantian bergantung dengan tingkat pemakaian dan kondisi air baku yang disaring.

Masalah yang Sering Terjadi Pada Membran Filter Air

Perlu Anda garis bawahi, seluruh membran filter tidak akan luput dari masalah. Setiap produk dalam berbagai harga memiliki resiko mengalami kendala. Membran filter air yang bermasalah tentunya akan menciptakan masalah pada filter Anda. Lantas, masalah apa saja yang sering terjadi pada membran filter air Anda?

  • Air Reverse Osmosis Keluar Sedikit
    Kendala ini terjadi dikarenakan beberapa hal, seperti karena air baku tidak lancar / tersumbat Karena tekanan air baku tidak kencang (idealnya bertekanan 1-2 bar), Karena tekanan pompa booster / pompa membrane kurang (min.50psi), Karena Post Carbon yang mampet, karena membrane Reverse Osmosis mampet.

  • Air Reverse Osmosis Mampet
    Berbeda dengan kendala di atas, terkadang membran filter air terkadang juga mengalami kendala mampet. Ada pun hal yang dapat menjadikan membran ro tersebut mampet atau tak lancar adalah keberadaan suatu zat kapur dan beberapa zat yang dapat menyebabkan terjadinya kemampetan, Fouling atau scaling. Sehubungan dengan hal itu, membran ro yang sudah Anda pasang tersebut, alangkah baiknya untuk secara teratur dilakukannya pencucian.

  • Air Reverse Osmosis Cepat Buntu
    Selain macet dan juga air yang keluar sedikit, ada juga kendala cepat buntu. Hal ini biasanya terjadi karena semakin rendah kualitas air baku maka semakin berat pula kerja membran RO, sehingga mengakibatkan buntunya membran RO itu sendiri. Solusi yang dapat Anda ambil adalah perhatikan bagaimana kualitas air (tingkat kekeruhan, TDS, zat besi, kapur, dll). Jika kualitas air Anda cukup rendah, sebaiknya perbanyaklah penyaringan filter cartridge, resin softener atau filter media lainnya sebelum masuk ke unit RO Anda.

Langkah Cara Membersihkan Membran Filter Air

Dari keempat kendala tersebut, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan. Apa sajakah itu?

  • Sistem Terbuka
    Apa itu sistem terbuka? Sistem terbuka adalah sistem di mana Anda dapat melakukan pembersihan atau pencucian yang diawali dengan mengeluarkan membran tersebut dari dalam housing RO. Setelah itu, membran ini direndam di dalam campuran hyper clean 572 dan air secukupnya selama 6-8 jam. Namun sebelumnya, Anda harus memastikan semua bagian membran RO tercelup di dalam campuran diatas. Setelah tahap ini selesai dilaksanakan, membran RO bisa Anda bilas terlebih dahulu dengan air bersih.

    Langkah terakhir, membran RO dapat Anda rendam sekali lagi di larutan hyper clean 779 yang sudah dicampur air. Proses ini akan membuat membran RO menjadi bersih kembali.

  • Metode Tertutup
    Sebaliknya, ada metode pencucian dengan sistem tertutup. Apa itu? Sebenarnya cara membersihkannya sama dengan sistem terbuka, bedanya hanya pada membran RO tersebut dilakukan dalam suatu housing Ro. Cara dengan menggunakan sistem ini biasanya dilakukan apabila membran Anda memiliki tipe yang besar, yaitu di atas 2000 GPD. Mekanismenya dilakukan dengan mengganti input dari yang semula air baku menjadi cairan pembersih.

Begitulah serba-serbi membran filter, kendalanya, dan juga cara membersihkannya.

3 Cara Membersihkan dan Menjernihkan Air Sumur Yang Kotor

air sumur bor

Sumber air yang biasanya digunakan oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, membersihkan lantai, bahkan untuk minum dan memasak adalah air sumur atau PAM (Perusahaan Air Minum). Untuk yang menggunakan sumber air dari PAM, masalah yang sering terjadi biasanya air berbau kaporit, mengingat bahan kimia ini seringkali digunakan untuk membuat air terhindar dari lumut, bakteri dan mikro organisme lainnya.

Lebih beragam lagi permasalahan sumber air yang diambil dari sumur, ada berbagai macam penyebab kotornya air sumur. Selain kesalahan saat membuat sumur seperti terlalu dekatnya sumur air dengan septic tank atau selokan, bisa jadi juga disebabkan karena resapan atau rembesan air laut bahkan bisa jadi juga disebabkan oleh hujan deras yang terjadi secara terus menerus.

Karena seringnya terjadi permasalahan air sumur itulah, Kali ini kami akan membahas bagaimana cara membersihkan air sumur yang  kotor. Berikut 3 Cara diantaranya:

Menggunakan Zat Kimia

Adanya kotoran dan bakteri yang menempel di pipa, bisa saja menjadi penyebab terjadinya air sumur kotor saat digunakan. Selain membersihkan pipanya, kita dapat juga melakukan pembersihan pada penampungan airnya. 

Untuk menjernihkan serta menghilangkan bau tak sedap pada air sumur, menggunakan bahan kimia seperti Kaporit atau Sodium Hipoklorit yang bisa anda dapatkan di toko kimia dapat menjadi cara yang dipilih. Namun penggunaannya tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan terganggunya kesehatan jika digunakan berlebihan.

Biasanya takaran yang digunakan adalah 1 sendok makan untuk ukuran 1000 liter air. Semakin besar daya tampung, semakin banyak takaran kaporit atau sodium hipoklorit yang digunakan. Bisa juga dicampurkan dengan bahan alami seperti tawas yang sudah dihaluskan, sebagai contoh apabila lebih dari 1000 liter, anda bisa menggunakan 1 sendok makan kaporit dan tambahan 3 sendok makan tawas. Untuk tetap menjaga kualitas air, pembersihan rutin terhadap pengendapan sebaiknya dilakukan.

Menggunakan bahan alami

Selain bahan yang mengandung zat kimia, bahan alami sepenuhnya juga dapat menjadi pilihan anda ketika ingin membersihkan air sumur yang kotor, Seperti misalnya menggunakan Tawas yang bisa cukup mudah anda peroleh di toko bahan bangunan. Untuk cara penggunaannya, yakni dengan mengaluskan tawas terlebih dahulu, kemudian masukkan tawas ke dalam wadah yang berisi air dengan takaran 1 Kg awas untuk 1000 liter air lalu aduk hingga tawas tersebut larut.

Air tawas yang sudah selesai dibuat tersebut hanya tinggal dituangkan ke dalam sumur. Jika air sumur belum jernih, tambahkan lagi air tawas dengan jumlah setengahnya atau bahkan jumlah yang sama. Selain tawas, bahan alami yang bisa digunakan untuk menjernihkan sumur yang kotor adalah Arang kelapa. Batok kelapa mengandung karbon aktif sehingga dapat mengikat kotoran dan cara ini seringkali dianggap cara yang ampuh untuk menjernihkan air.

Penggunaanya juga cukup mudah, yaitu dengan menyesuaikan jumlah arang kelapa dengan kedalaman sumur, sebaikya jangan terlalu banyak ataupun sedikit. Kemudian membungkus arang kelapa menggunakan kain, lalu masukan arang kelapa yang dibungkus kain tersebut ke dalam sumur.

Menggunakan Filter

Penggunaan filter air menurut cdc.org dapat menghilangkan proses biologis, zat kimia bahkan kotoran. Pemasangan filter air dapat dilkukan jika anda menggunakan pompa air.

Terdapat dua cara dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing caranya, yakni pertama dengan memasang filter air menuju tempat penampungan air, kekurangan dari cara ini yaitu pengambilan air oleh mesin dapat menjadi lebih lama. Cara kedua dengan memasang filter air dari bak penampungan, namun kekurangan cara ini adalah bisa saja  membuat bak penampungan menjadi lebih kotor dari sebelumnya.

      

Manfaat Air Minum Reverse Osmosis Untuk Kesehatan

reverse osmosis

Air minum Reverse Osmosis atau yang biasa disebut Air RO oleh masyarakat Indonesia dasarnya merupakan air yang telah melalui proses pengolahan mesin Reverse Osmosis. Reverse Osmosis sendiri adalah proses alami yang memisahkan dua cairan konsentrasi yang berbeda, cairan ini dipisahkan oleh membran semipermeabel karena cairan memiliki kecenderungan untuk bekerja dari konsentrasi yang lebih rendah ke konsentrasi yang lebih tinggi untuk keseimbangan potensial kimia.

Walaupun banyak beredar kontroversi dan kesan bahaya pada Air Reverse Osmosis, pada kenyataan-nya Air Reverse Osmosis ini sangat aman untuk dikonsumsi. Karena air yang dihasilkan dari proses Reverse Osmosis ini telah melalui proses penyaringan yang detail. pemisahan yang melalui membran reverse osmosis berarti telah memisahkan pori-pori yang berukuran sangat kecil yakni 0,0001 micron. Yang dimana itu berarti semua kuman, bakteri, garam mineral berbahaya telah dibuang melalui saluran pembuangan dari mesin Reverse Osmosis.

Bahkan bukan hanya sekedar aman, Air Reverse Osmosis ini juga digadang-gadang dengan berbagai manfaat yang dihasilkan apabila rutin untuk dikonsumsi. Air Reverse Osmosis diketahui dapat menjaga Imun Tubuh, Imun adalah sistem kekebalan tubuh, Mengkonsumsi Air reverse Osmosis terbukti dapat menjaga kekebalan tubuh. Karena dapat menjaga imun tubuh, Air Reverse Osmosis ini bahkan sangat direkomendasikan untuk pasien penderita kanker.

Karena penderita kanker harus sangat menjaga apapun yang dikonsumsinya termasuk air minum yang dimana selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh juga dapat mencegah dehidrasi. orang yang dalam kondisi menderita kanker, saat itu sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh, maka dari itulah air minum reverse osmosis sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk menjaga imun tubuh.

Air reverse osmosis juga dapat meningkatkan Metabolisme Tubuh, Meningkatnya metabolisme tubuh dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik dan dapat bekerja maksimal. Tak hanya itu, manfaat lain seperti meningkatkan energi, mempermudah akses oksigen ke seluruh sel-sel di dalam tubuh, juga menjadi manfaat dari mengkonsumsi Air Reverse Osmosis ini.

Beredarnya anggapan bahwa air Reverse Osmosis ini lebih pahit dibandingkan air mineral yang telah biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat disebabkan karena lidah tidak terbiasa mengkonsumsi air minum dengan kandungan murni. Padahal beralih dari air mineral dan mulai minum air reverse osmosis akan lebih banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh pengkonsumsi air reverse osmosis. Sedikitnya informasi yang mencuat mengenai air reverse osmosis di kalangan masyarakat juga menghasilkan paradigma tersendiri untuk menganggap air reverse osmosis sama saja dengan air-air lainnya.

Ukuran molekul yang lebih kecil pada air reverse osmosis membuat air reverse osmosis lebih mudah diserap oleh tubuh. Karena hanya terdapat H2O pada kandungan air reverse osmosis membuat air ini lebih jernih dan murni serta terasa lebih ringan saat dikonsumsi. Apabila Air reverse osmosis disimpan pada ruangan yang terkena sinar matahari, air osmosis ini juga lebih tahan lama kemurniannya dibandingkan dengan air mineral.

Air reverse osmosis juga tidak mengandung cryptosporidium, hal ini diamini oleh CDC. dimana Cryptosporidium itu sendiri adalah parasit yang biasa ditemukan oleh air yang terkontaminasi. Bahkan manfaat dari air yang melalui proses reverse osmosis ini juga bisa didapatkan oleh orang yang mengalami, penyakit ginjal, hati, tekanan darah tinggi dan pembatasan natrium. Karena menurut CDC proses dari reverse osmosis itu sendiri juga menghilangkan molekul natrium itu sendiri.

 

4 Tips Membersihkan Kolam Renang Lebih Mudah

obat kolam renang

Memiliki kolam renang di halaman rumah pribadi memang menjadi impian banyak orang. Apalagi kolam renang itu sendiri kini telah menjadi fasilitas untuk standard rumah mewah.  Namun ketika sudah memiliki kolam renang di rumah pribadi, berarti harus siap merawat dan membersihkan kolam renang tersebut secara berkala. Agar kolam tetap terjaga kebersihannya dan tidak menjadikan kolam renang justru menjadi salah satu sumber penyebab penyakit yang ada di rumah anda.

Karena tidak terawatnya kolam renang bisa membuat kolam renang tersebut menjadi dikotori lumut, berwarna keruh, penuh dengan sampah dan dedaunan, bahkan kolam renang dapat menjadi sarang binatang-binatang air yang tidak pernah di-inginkan.

Jika biasanya anda membersihkan kolam renang mengandalkan orang-orang yang biasa anda andalkan atau jasa-jasa profesional untuk membersihkan kolam renang tersebut, pertanyaannya bagaimana kalau jasa tersebut sedang tidak bisa membersihkan kolam renang anda? Mau tidak mau anda sendiri yang harus turun tangan.

Tapi anda harus tetap tenang, karena realitanya membersihkan kolam renang tidak sesulit yang ada di bayangan anda, bahkan jika anda sudah terbiasa dan berpengalaman, anda dapat menghemat biaya untuk membayar profesional dan membersihkan kolam renamg anda secara mandiri. Berikut ini beberapa tips membersihkan kolam renang.

Menyerok dan Sikat Kotoran

Seringkali yang menjadikan kolam renang kotor adalah adanya lumut yang menempel, dedaunan, binatang air, bakteri dan sebagainya yang jatuh dan menempel. Baik itu kotoran yang jatuh di permukaan air kolam renang ataupun lumut yang menempel di dinding-dinding kolam renang. inilah hal pertama yang harus anda bersihkan dari kolam renang.

Gunakan tongkat penyaring untuk mengambil dedaunan dan kotoran yang jatuh di kolam renang, pastikan sebelum menggunakannya, tongkat dibersihkan terlebih dahulu agar tidak ada kotoran sisa yang menempel. Begitupun saat menggunakan sikat, pastikan sikat yang anda gunakan itu sikat yang sudah bersih sebelum digunakan untuk menyikat dinding, pegangan tangga dan anak-anak tanga pada kolam.

Mem-vacuum kolam renang

Tahapan kedua setelah daun, kotoran serta lumut telah dibersihkan, yang selanjutnya dilakukan adalah menggunakan Vacuum Kolam renang untuk membersihkan lantai kolam. Penggunaan vacuum bersisi pengisap itu tidak disarankan karena sering kali menyebabkan rusaknya sistem penyaringan vacuum karena benda-benda seperti bebatuan sering ikut terhisap. Agar lebih hemat biaya dan awet, pilihlah vacuum atau pengisap kolam manual.

Gunakanlah pengisap tersebut selayaknya anda sedang membersihkan debu pada karpet dengan vacuum cleaner dan jangan lupa berikan perhatian khusus terhadap bagian yang kotorannya membandel

Cek filter Kolam

Tahapan selanjutnya adalah anda harus memastikan filter kolam renang tidak ada kotoran dan sampah disana. Apabila terdapat kotoran dan sampah yang menyumbat pada filter air kolam renang anda, anda harus mengambil langkah untuk segera membersihkannya.

Menakar Bahan Kimia Pada Kolam

Sebelum memberikan kaporit atau klorin, sebaiknya ukur kadar pH air kolam. Anda dapat menggunakan alat pengukur kadar pH yang bisa anda dapatkan di apotek ataupun toko online. Pengukuran kadar pH juga sebaiknya dilakukan 3 minggu sekali. Kadar pH pada air kolam juga harus berada di rentang angka 7,2 - 7,6. Apabila berada diluar rentang ini, gunakanlah penambah atau pengurang kadar pH.

Tambahkan juga tablet klorin untuk penjernihan air dan membunuh bakteri dalam air kolam. Anda juga harus menambahkan tablet klorin pada jaring pembersih kolam, automatic feeder dan floater untuk memastikan semua perlengkapan di kolam renang anda ini tidak terkontaminasi oleh bakteri.

 

Inilah Definisi Air RO Yang Perlu Anda Ketahui

Air minum reverse osmosis

Air RO memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga air RO sangat banyak dicari oleh masyarakat. Air RO sendiri adalah singkatan dari air reverse osmosis atau osmosis terbalik. RO merupakan air yang dihasilkan dari sistem penyaringan air dengan daya saring tinggi yang tidak hanya mampu menjernihkan tetapi juga menyaring molekul besar sehingga menghasilkan air yang aman dikonsumsi.

Selain itu, RO juga mampu menyaring ion dengan lapisan penyaring berteknologi tinggi sehingga menghasilkan air yang tidak hanya aman dikonsumsi tetapi juga murni dan baik bagi kesehatan.

RO sendiri pertama kali diterapkan sistemnya sejak 1970. Semula RO digunakan pada air laut saja. Dengan majunya teknologi dan hasil penyaringan RO pada air laut yang terbukti menghasilkan air yang baik, dengan demikian kini RO juga digunakan tidak hanya untuk air laut saja. Air RO kini menjadi air yang banyak dicari dan dikonsumsi masyarakat bahkan digunakan sistemnya oleh perusahaan besar.

Hal ini tentunya tidak lepas dari air RO yang juga hadir dengan sistem penyaring yang unggul. Dengan penyaringan yang unggul inilah air RO tidak hanya dapat menyaring molekul besar dan ion tetapi juga menghilangkan kontaminan seperti logam. Maka wajar saja jika hasil penyaringannya menciptakan air yang tidak mengandung mineral berat yang tidak baik bagi tubuh.

Air RO dengan demikian juga menjadi air yang bebas dari bahan anorganik. Selain itu, PH dari air RO juga rendah dan sangat murni. Karena keunggulan tersebutlah air RO menjadi air yang digunakan bagi kebutuhan medis.

Namun, karena daya saring yang unggul dan berusaha menghasilkan air yang tidak hanya jernih tetapi juga sehat, oleh karena itu tidaklah mudah menghasilkan air RO. Proses penyaringannya cukup lama dan air yang keluarpun biasanya cukup kecil.

Tetapi meski demikian air RO dengan segala keunggulannya menjadi air yang memenuhi standar air minum terbaik. Selain itu, air RO juga tidak membutuhkan penggunaan listrik yang tinggi dengan cara perawatan yang mudah.

 

Inilah 5 Kelebihan Air RO Dalam Meningkatkan Standar Air Minum

alat filter air minum

Air RO merupakan air yang dihasilkan dari sistem penyaringan berteknologi dengan lapisan penyaring berkualitas sehingga menghasilkan daya saring yang tinggi. Dengan sistem berkualitas inilah air RO memiliki banyak kelebihan dalam meningkatkan standar air minum seperti 5 kelebihan di bawah ini:

  1. Sistem Penyaringan Unggul dengan Kemampuan Penyaringan Hingga 99%

Air RO hadir dengan lapisan penyaring terpilih hingga menciptakan sistem yang daya saringnya mampu menghilangkan kontaminan hingga 90-99%. Air RO juga memiliki tekanan osmotic perpaduan teknologi tinggi yang dapat menghilangkan virus dan menghasilkan air yang tidak hanya jernih tetapi juga sehat dan murni.

  1. Tidak banyak perawatan

Meski memiliki sistem penyaring dengan teknologi unggul, namun penggunaan listrik dari air RO ini tidaklah tinggi. Selain itu, cara merawatnyapun tidak sulit. Sistem ini sangat mudah dipindahkan dan juga mudah dioprasikan. Kemudahan dari sistem RO juga membuatnya bisa digabung dengan ultrafiltrasi ataupun mikrofiltrasi.

  1. Mampu Menghilangkan Kontaminan

Dengan daya penyaringan unggul hingga 99%, air RO dapat menghilangkan ragam kontaminan seperti pestisida, logam, timbal serta kontaminan lainnya yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ini tidak lepas dari sistem unggul RO yang efektif menghilangkan kontaminan dengan membrane yang sangat kecil. Selain itu, RO juga terdiri dari partikel mikro, sehingga air yang dihasilkan terjamin kemurniannya.

  1. Memiliki Kapasitas yang Mampu Menyesuaikan Kebutuhan Penggunanya

RO hadir dengan kecepatan dan daya saring tinggi. Daya saring yang tinggi ini menjadikan air yang dihasilkan sangat baik bagi kesehatan. Selain itu kapasitas RO juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Yup, RO sangat memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Maka wajar saja jika RO digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia seperti Jakarta, Medan, Makassar, Bandung dan lain-lain.

  1. Standar Air Minum Terbaik

Kehadiran air RO dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan standar air minum terbaik. Inilah yang menjadikan air RO kini tidak hanya digunakan oleh masyarakat tetapi juga oleh perusahaan besar hingga memenuhi medis.

Itulah 5 kelebihan air RO yang menjadikannya banyak dicari oleh banyak kalangan. Nah bagaimana, Anda jadi tertarik juga menggunakan air RO?

Ini Dia 4 Cara Ampuh Jernihkan Air Sumur Yang Kotor

Alat filter air sumur bor

Kebersihan air tentunya tidak hanya memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Lebih dari itu sumber air yang bersih juga penting bagi kesehatan tubuh kita. Namun terkadang air bisa saja kotor bahkan bau, khususnya air yang bersumber dari sumur.

Beberapa faktor yang menyebabkan air sumur kotor diantaranya seperti resapan air laut jika sumur yang di gali berdekatan dengan laut, letak sumur yang kurang tepat contohnya dekat septik tank dan terlalu sering hujan yang membuat air berlimpah.

Tapi tenang saja, air yang kotor maupun bau akibat beberapa faktor di atas bisa kembali dijernihkan dengan 4 cara ampuh berikut ini:

  1. Gunakan Filter Air

Anda bisa menggunakan filter air di bak penampung air atau filter saluran menuju penampung air. Dengan cara ini kotoran akan tersaring sehingga air lebih jernih saat menuju bak. Anda bisa mendapatkan filter air ini di toko dengan mudah. Namun pastikan filter air Anda memiliki 3 way valve yang mudah dibersihkan. Selain itu 3 way valve ini juga cukup tahan lama dengan daya serap yang baik dalam menyaring air.

  1. Gunakan Tawas

Selain menggunakan filter air, Anda juga bisa menjernihkan air sumur yang kotor dengan menggunakan tawas. Tawas sendiri merupakan bahan pemutih berbentuk kristal yang memiliki cara kerja cepat dalam menjernihkan air yang kotor.

Cara menjernihkan air dengan tawas juga sangat mudah. Seperti dengan menaburkan tawas secara langsung pada sumur atau melarutkan tawas pada air terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke sumur.

  1. Gunakan Kapur Gamping

Kapur gamping menjadi bahan lainnya yang juga bisa jadi solusi penjernih air sumur Anda. Cara menjernihkan air sumur dengan kapur gamping ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu menaburkan kapur gamping langsung ke dalam sumur baik pada siang maupun malam hari. Selanjutnya silahkan cek hasilnya pada pagi hari.

Yup, cara kerja kapur gamping ini memang bisa dilihat dalam 1 hari atau dengan kata lain lebih lambat dari cara kerja tawas.

  1. Penjernih Air Organik

Saat ini banyak penjernih air beredar di pasaran baik secara online maupun offline. Dengan demikian Anda akan lebih mudah mengatasi masalah air sumur kotor Anda hanya dengan membeli penjernih air. Tetapi, pastikan penjernih yang Anda beli adalah penjernih organik atau mengandung bahan yang aman ya. Kuncinya, teliti dan tentunya bertanya pada yang sudah berpengalaman.

Sumur yang kotor dan bau sendiri sebenarnya bisa dicegah dengan cara memastikan letak sumur yang tepat yakni jauh dari septik tank ataupun pantai. Selain itu perbanyak tanaman di sekitar sumur serta tutup sumur Anda agar tidak banyak hal-hal yang sembarang masuk ke dalam sumur.

Namun jika tetap kotor, cukup gunakan salah satu dari ke 4 cara di atas ya. Ingatlah gunakan secukupnya dan hanya saat dibutuhkan saja.

Jaga Kualitas Air Di Rumah Dengan Beberapa Cara Ini

alat filter air

Sebagai kebutuhan utama dan mendasar bagi semua manusia, air yang jernih tentu sangat dibutuhkan. Tidak hanya air minum, air kran yang jernih juga memilliki manfaat sendiri untuk kesehatan bahkan peralatan rumah tangga. Untuk itu, penggunaan filter sumur cukup dibutuhkan oleh banyak orang, guna mendapatkan air kran yang bersih.

Sayangnya, banyak orang yang tidak bisa mendapatkan air yang bersih. Bahkan, ada 1,8 juta orang meninggal setiap tahunnya karena menderita diare dan kolera yang disebabkan oleh penggunaan air yang tidak layak pakai. Dengan alasan ini, menjaga kualitas air sangat diperlukan. Berikut beberapa cara untuk menjaga kualitas air yang Anda miliki.

  1. Lakukan pengecekan pada pipa air secara berkala

Sebelum Anda merasa ada perubahan warna dan rasa pada air rumah Anda, ada baiknya untuk selalu mengevaluasi pipa air di rumah. Selain itu, perubahan tekanan air juga bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada pipa di rumah Anda dan bisa menyebabkan air di rumah menjadi kurang baik. Korosi pada pipa bisa menyebabkan penyumbatan sebagian air dalamnya. Jika hal ini dibiarkan, maka air yang mengalir di pipa tersbeut bisa tercemar zat-zat kimia yang belum tersaring. Jadi, tetap cek keadaan pipa di rumah. Namun, pengecekan harus dilakukan oleh ahlinya.

  1. Uji kelayakan air sumur

Jika Anda mengonsumsi air dari sumur, maka Anda harus mengujinya terlebih dahulu. Dengan melakukan uji kelayakan ini, Anda bisa mengetahui apakah air sumur di rumah sudah layak untuk dikonsumsi atau justru mengandung zat berbahaya. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa secara berkala pompa yang digunakan untuk mengambil air. Jika pompa tersebut mengalami kebocoran, maka bisa menyebabkan air sumur terkontaminasi oleh sedimen atau kotoran.

  1. Menjauhkan septic tank/tangki septic dengan sumber air

Anda harus memberikan jarak sepanjang 10 meter dari tangki septic dengan sumber air. Hal ini agar air sumur tidak terkontaminasi bakteri yang berasal dari tangki septic. Sayangnya, jarak ini tidak ideal jika digunakan di perkotaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengetahui terlebih dahulu arah aliran air tanah sehingga Anda bisa memposisikan tangki septic dengan tidak mengarahkannya ke sumber air.

  1. Gunakan sistem penyaringan air

Untuk lebih memastikan bahwa air di rumah Anda bersih dan tidak terkontaminasi banyak bakteri. Anda bisa mengguunakan alat penyaringan air. Alat ini membantu Anda untuk mendapatkan air yang bersih dan berkualitas. Kesehatan Anda dan keluarga tentu jauh lebih penting dari biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan alat ini. Namun, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu sistem mana yang paling sesuai untuk rumah Anda.

Pilih juga alat filter air yang tepat dan berkualitas sehingga air yang Anda dapatkan juga bersih dari kuman dan zat berbahaya. Hubungi kami untuk mendapatkan fiter air dengan kualitas terbaik dan berstandar nasional. Atau kunjungi website kami untuk mendapatkan filter air yang tepat untuk rumah Anda.

 

©PT LautanSolusiAirindo 2019. All rights reserved.